Blog tentang hal menarik

Tahapan Tahapan Hacker


  1. Reconnaissance adalah tahap mengumpulkan data, dimana hacker akan mengumpulkan data tentang target sebanyak-banyaknya. Baik nama anggota keluarga, tanggal lahir, tempat kerja beserta informasi didalamnya. Dan itu hanya sebagian kecil kegunaan dari tahapan Reconnaissance.Reconnaissance terbagi menjadi dua yaitu Active Reconnaissance dan Passive Reconnaissance.
    • Active Reconnaissance (Pengintaian aktif)
      Si hacker melakukan proses pengumpulan informasi dengan cara yang sangat beresiko karena beraktifitas langsung dengan korban atau rekan korban, ini berguna untuk mencari celah yang akan digunakan sang hacker.
    • Passive Reconnaissance (Pengintaian Passive)
      Disini merupakan kebalikan dari Active Reconnaissance, dimana sang hacker melakukan pencarian informasi tanpa sepengetahuan korban, sebagai contoh mencari data tentang korban di internet, majalah dan koran.
  2. Scanning Ini adalah sign dimulainya penyerangan (pre-attack).Dari scanning hacker akan mencari kemungkinan-kemungkinan yang dapat digunakan untuk mengambil alih sistem korban, dan informasi yang didapatkan akan digunakan sebagai jalan masuk.
  3. Gaining access Disinilah tahapan dimana penetrasi dilakukan, dan hacker akan berusaha menguasai sistem korban dari kelemahan sistem yang didapat dari proses scanning.
  4. Maintaining access Akhirnya si hacker berhasil menguasai sistem korban, have fun. Tapi si hacker belum puas, dan si hacker ingin tetap mengusai sistem tersebut karena apabila korban mengganti password atau memperbaiki kelemahan dan kemunginan hacker akan kehilangan akses tersebut. Maka dari itu biasanya hacker akan berusaha untuk mempertahankan akses terhadap sistem korban dengan berbagai cara, seperti menanamkan trojan, backdoor, rootkit dan lain sebagainya. Bahkan karena hacker berfikir akan ada hacker lain yang melakukan penyerangan terhadap korban maka hacker akan memperbaiki beberapa kelemahan pada sistem korban.
  5. Clearing Tracks Di tahapan ini hacker akan menutup jejaknya dengan menghapus log file dan jejak-jejak yang mungkin ditinggalkan. Maka dari itu terkadang terdapat folder tersembunyi dan berisi virus. Hal ini tentunya agar sang hacker tidak dapat dilacak, karena jejak ini dapat membawa sang hacker kedalam penjara.
Sumber  : http://make-mestrong.blogspot.co.id/2012/06/5-tahapan-hacking-dalam-sertifikasi-ceh.html
0 Komentar untuk "Tahapan Tahapan Hacker"

Please leave a comment.
Silahkan tinggalkan komentar.
Don't leave a live link.
Jangan menyertakan link aktif.


Klik emoticon : :) :D :( :-o @@, :s :wow: 8) :x :P :| ;) :lol: :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :-d

Back To Top