Blog tentang hal menarik

Mengenal Perintah SU dan SUDO di LINUX

Mengenal Perintah SU dan SUDO di LINUX
Pada terminal linux kita mengenal perintah su, sudo, dan sudo su. Mari kita bahas perbedaan ketiga perintah ini

Perintah `su`

su adalah super user dan dikhususkan untuk ubuntu dan perintah ini termaksuk perintah command-line. karena dengan perintah superuser ini user dapat dengan mudah menguasai masalah ataupun perintah pada terminal

Perintah `sudo`


sudo  adalah program yang terdapat di linux yang digunakan untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root. Sudo hanya dapat digunakan oleh user yang sudah terdaftar di file /etc/sudoers.Pada saat dijalankan sudo akan meminta password user yang menjalankan sudo tersebut, tetapi bisa juga dibuat untuk meminta password root atau tanpa password sama sekali. Secara default password yang dimasukkan tadi akan disimpan selama 15 menit dan 15 menit kedepan anda akan diminta memasukan password lagi. 

Perintah `sudo su`


sudo su adalah sebuah perintah dalam command-line Linux. Apabila kalian memiliki akses root, maka sudo akan melakukan perintah sebagai superuser  "sudo su" memberikan kewenangan agar user biasa dapat bertingkah seperti super user (sudo --> super user do) sehingga user biasa pun dapat leluasa "menguasai sistem".   dan perintah ini berlaku sampai kita yang menutup terminal,tidak seperti perintah pada sudo. 
dan perintah ini dikhusus untuk ubuntu dan perintah ini universal maksudnya perintah ini umum dalam mencakup perintah dalam terminal dan kita akan lihat perbedan kedua tampilan perintah tersebut.
0 Komentar untuk "Mengenal Perintah SU dan SUDO di LINUX"

Please leave a comment.
Silahkan tinggalkan komentar.
Don't leave a live link.
Jangan menyertakan link aktif.


Klik emoticon : :) :D :( :-o @@, :s :wow: 8) :x :P :| ;) :lol: :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :-d

Back To Top